Minggu, 14 Januari 2018

Kacamata Khusus Ini Bisa Mengatasi Buta Warna

kacamata berkualitas di optik tunggal Khusus Ini Bisa Mengatasi Buta Warna

KOMPAS.com Para penderita buta warna bisa merasakan kembali fungsi sel reseptor mata yg rusak beserta kacamata berkualitas di optik tunggal khusus yg belum usang ini dipasarkan. Lensa kacamata berkualitas di optik tunggal khusus itu didesain bisa menggantikan fungsi sel kerucut yg bisa membedakan warna.

Mata manusia bisa melihat cerahnya warna-warni lingkungan lebih kurang lantaran mempunyai reseptor warna yg disebut sel kerucut (cone cells). Mata yg sehat & normal mempunyai sel kerucut yg bisa menangkap 3 pigmen utama warna, yakni pigmen merah, hijau, & biru.

Untuk mereka yg menderita buta warna, galat satu sel kerucut pada mata tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga mereka tidak mampu membedakan warna beserta betul.

Pada kebanyakan perkara buta warna, kerusakan terjadi pada sel kerucut merah atau hijau, menjadikan penderitanya kesulitan membedakan banyak sekali macam warna. Selain itu, pada beberapa perkara, sel kerucut akan menangkap warna beserta spektrum yg tumpang tindih.

Sebuah perusahaan lensa mata yg didirikan sang seorang pakar bedah Amerika, EnChroma, menciptakan kacamata berkualitas di optik tunggal yg mampu mengembalikan fungsi sel reseptor mata yg rusak. kacamata berkualitas di optik tunggal itu mempunyai filter yg bisa menangkap cahaya yg spektrumnya saling tumpang tindih, mendorong "ganjalan" yg menghasilkan frekuensi cahaya itu saling bertubrukan.

Menggunakan kacamata berkualitas di optik tunggal itu, para penderita buta warna bisa mencicipi indahnya ragam warna di lebih kurang mereka melalui lensa EnChroma.

Meski demikian, Jay Neitz, seorang pakar mata & profesor oftalmologi di University of Washington, mengingatkan bahwa kacamata berkualitas di optik tunggal EnChroma tidak bisa menyembuhkan buta warna.

Sama halnya beserta fungsi kacamata berkualitas di optik tunggal buat membantu penderita rabun jauh melihat lebih terperinci, kacamata berkualitas di optik tunggal EnChroma hanya membantu para penderita buta warna buat melihat & membedakan warna. (Difa Restiasari/New York Times, Popular Science, EnChroma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top