Jumat, 19 Januari 2018

Karadzic Gunakan Identitas Orang Mati

Karadzic Gunakan Identitas Orang Mati

Kapanlagi.com - Mantan pemimpin Bosnia Serbia & tersangka penjahat perang pokok Radovan Karadzic bersembunyi pada kembalibukti diri seseorang pria yang tewas 15 tahun lalu pada Sarajevo, berdasarkan laporan media lokal, Kamis.

Karadzic, yang ditahan pada ibukota Serbia, Beograd Senin (2i/7) malam sehabis 12 tahun melarikan diri, memakai nama Dragan David Dabic & mempunyai dokumen eksklusif atas nama tadi.

Media lokal melaporkan bahwa Dabic ialah seseorang prajurit sumber Republik Srpska --entitas Serbia pada Bosnia-- & dia tewas pada Sarajevo pada 1993.

Dokumen yang digunakan sang Karadzic dimuntahkan secara absah bareng nama itu pada Ruma, lebih kurang 50 kilo meter barat daya Beograd, kemungkinan bareng donasi pejabat Republik Srpska.

Dokumen palsu jua digunakan sang tersangka penjahat perang yang lain yang ditangkap pada Serbia.

Stojan Zupljanin, yang ditangkap pada kota Pancevo, Serbia, pada 11 Juni mempunyai dokumen bareng nama seseorang pria yang tewas lebih sumber 10 tahun lalu.

Zupljanin, seseorang mantan komandan polisi Bosnia Serbia, sudah didakwa sang pengadilan penjahat perang PBB pada Den Haag, Belanda atas kejahatan terhadap kemanusiaan & genosida.

Polisi sedang menyidik apakah dokumen Karadzic palsu atau tidak.

Di Serbia dalam rangka memperoleh kartu bukti diri, seseorang wajib mempunyai dokumen kewarganegaraan, akta kelahiran & kartu bukti diri yang lama atau dokumen lain yang mengambarkan identitasnya.

Seseorang jua wajib membagikan contoh sidik jari. Karadzic bukan merupakan rakyat negara Serbia.

Kerahasiaan pejabat Serbia & fakta langka yang sudah diberikan mengenai penangkapan Karadzic & tentang para penolongnya sudah membuka banyak spekulasi.

Karadzic hidup & bekerja bareng bebas pada Beograd, bareng mengubah tampilannya secara total --menumbuhkan rambut panjangnya yang berwarna putih & memelihara cambang-- mengenakan kacamata berkualitas di optik tunggal tebal & sama sekali tidak dikenali.

Dia bekerja menjadi ahli kesehatan alternatif pada sebuah klinik swasta pada Beograd, menulis kolom bagi majalah kesehatan & menghadiri kuliah pada seluruh penjuru Serbia.

Pengacaranya, Svetozar Vujavic mengatakan bahwa sehabis dia mencukur cambangnya & memotong rambutnya "dia tampak sama bareng dirinya 13 tahun lalu, hanya lebih kurus".

"Dia ialah tersangka penjahat perang yang paling dicari. Dia tidak mampu membangun ilustrasi David Dabic & menempatkannya pada daerah umum seseorang diri. Dia niscaya memperoleh donasi dalam memproduksi gaya baru, mencarikan dia pekerjaan pada sebuah ambulans swasta & dalam pengurusan surat-surat pada mana seseorang akan bertanya `& siapa anda`," ungkap wartawan & analis Misa Brkic.

Karadzic didakwa sang pengadilan penjahat perang PBB atas kejahatan terhadap kemanusiaan & genosida atas perannya pada perang Bosnia pada 1992-1995.

Dijadwalkan diekstradisi ke Den Haag pekan depan.(kpl/rif)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top