Kamis, 21 Desember 2017

Dunia Sophie, Filsafat, dan Saya

Dunia Sophie, Filsafat, dan Saya
Dunia Sophie, Filsafat, & Saya

Filsafat...ya filsafat. Dan pertanyaanpun muncul apakah filsafat telah begitu familiar di telinga Anda? Atau kah Anda mengetahui kata itu semenjak begitu usang tetapi nir mengenalnya?. Ah ataukah yang membaca tulisan ini kini merupakan orang yang begitu fanatik & sahih-sahih mengasihi filsafat? Saya hanya bisa mengangkat bahu, sebab bukankah saya nir mengetahui mayapada Anda yang kini entah dengan alasan apa mau meluangkan sedikit waktunya untuk membaca tulisan saya ini. Ah ya...begitu pun saya, saya mungkin nir jauh tidak selaras dengan Anda yang mengetahui kata ini tetapi nir sahih-sahih mengenalnya,sebab saya pun telah begitu usang mengetahui kata ini, tetapi ya itu saya sahih-sahih nir mengenali kata yang telah usang saya ketahui itu. Ketika Anda menanyakan alasannya apa, saya nir akan menjawabnya kini sebab terdapat bagian tersendiri di mana nanti Anda akan mengetahui alasannya apa. Baiklah, kita mulai dengan Dunia Sophie (seperti yang tertera pada judul tulisan saya). Di sini saya nir akan menyampaikan resensi, sebab telah begitu banyak blog & lembaga-lembaga online yang membahas novel usang ini, jadi saya sarankan sebelum Anda menyesal sebab Anda berharap mendapatkan resensi atas novel yang kini Anda browsing, sebaiknya Anda cepat-cepat menutup halaman ini, sebab saya di sini hanya akan mengaitkan mayapada saya & novel tadi (yah sedikit menyampaikan komentar atas apa yang telah saya baca), tetapi jikalau Anda bersikeras untuk melanjutkan membaca saya nir mempunyai hak & kuasa sedikitpun untuk melarang Anda melanjutkannya. Edisi usang (lebih mirip kitab wayang ya,eheheh) Okey tepatnya akhir Desember kemarin, ketika di Bogor terdapat LIM & LID. Kalau bertanya itu apa maksudnya saya nir dapat berkomentar banyak, yang kentara LIM & LID itu mempunyai kaitan dengan IMM organisasi dimana belum genap satu tahun saya bergabung di dalamnya (walaupun secara resmi saya belum sahih-sahih tergabung sebab belum mengikuti DAD hingga saya menuliskan ini, hehehehe). Nah kembali ke Dunia Sophie. Gara-gara LIM & LID diadain di Bogor, & saya masuk IMM komisariat IPB yang secara otomatis terdapat di Bogor jadinya komisariat saya ini seenggak-enggaknya terlibat maupun (walaupun ini bukan acara komisariat sebab yang ngadain DPD). Dan gara-garanya kemaren pas masta (sebut saja Kak Syahrul) beliau kayak nyari orang-orang gitu buat bantuin beliau demi terselenggaranya acara tadi di Bogor, saya sih nanggepinnya biasa aja, ya maksudnya saya nanggepin datar aja (lha orang itu acara diadain pas hari hening UAS, jadi saya sih mikirnya mutlak banyak orang yang lagi pada balik, jadi jangan berharap banyak bakalan banyak tenaga yang bantuin. Lho kenapa kesannya jadi kejam ya?), tapi ya meski kalau pun itu emang jadi diadain ya berarti saya wajib merelakan setidak-tidaknya liburan saya terpotong, sebab syahdan ucapnya ia kekurangan pasukkan buat ngadain ini acara jadi saya ngerasa kasihan maupun, ya udahlah nggak terdapat salahnya maupun ngerelain beberapa hari untuk nongol & ngebantuin (meski saya emang nggak tahu tugas saya di sana ntar ngapain). Eniwei berhubung nggak kentara mau ngapain jadi saya tanya dulu kak Akfi apakah di sana sahih-sahih memerlukan tenaga kontribusi, & ternyata jawabannya iya malahan beliau nyuruh saya nginep. Wah saya pikir ini berfokus emang butuh orang (tau lah orang di sini emang global warming, miris personilnya dikit banget). Dan saya pun berangkat sempurna di 2 hari terakhir acara (niat nggak sih?). & emang bener, sesampainya di sana saya nyengo gak karuan. Yang terdapat saya bener-bener ngerasa asing sendiri dengan aktifitas orang-orang yang terdapat di kurang lebih saya. Ya udah dari pada gundah & belum terdapat satupun tugas yang nyamperin saya, ya jadinya saya Cuma duduk-duduk aja & teriak-teriak dalem hati Hei..kalau nggak terdapat kerjaan saya mau pergi aja deh, ngebabat habis kitab-kitab kimia yang beberapa hari lagi di ujikan. Tapi malangnya , nggak terdapat yang bisa dengerin jeritan hati saya, so..saya Cuma duduk dengan tampang asem, berharap menemukan orang yang saya kenal (kakak-kakak IPB) yang hingga ketika ini saya baru ngeliat kak Syahrul doang, lha mana yang lainnya Kak Akfi, Kak Izah, Kak Gilang, Kak Hening ah mereka kemana? Saya bener-bener berasa menjadi orang asing di sana. singkat cerita datanglah orang yang baru 2 kali saya lihat pas JIMM PTN kemarin. Yupsz beliau adalah Kak Malik. Dan saya ngerasa mulai dianggep keberadaannya, sebab eh sebab beliau ngajak saya ngobrol (hehehe..terdapat maupun yang mau ngajakkin saya ngomong). Kita menyebutkan banyak hal, termasuk menyebutkan blog ini hehehehe. Ya pokoknya intinya saya diajakkin ngobrol, kan nggak mungkin saya ceritain semua apa yang diperbicarakan. Okey hingga saya kenal sama yang namanya Kak Ita, beliau itu dari Kuningan, & berkat Kak Ita saya berhasil keluar dari ruangan yang sahih-sahih menciptakan saya asing, beliau ngajak saya ke lantai 2, loka di mana para wanita istirahat & di sana saya ketemu maupun sama yang namanya Kak Ina, sebab alfabet depannya sama saya jadi suka ketuker-tuker, & dari obrolan mereka lah (Kak Ita & Kak Ina) saya ngedenger Dunia Sophie, & petualanganpun dimulai.

Edisi baru (lebih terlihat sebuah novel kini) Nah diantara salah satu pelatih primer (Kak Malik, Kak Sani, & Kak Hafiz) Kak Sani emang udah nerbitin kitab yang judulnya (aduh saya lupa) tapi kalau nggak salah terdapat kata manifesto apa gitu (orisinal saya beneran lupa) nah ucapnya biar ngerti baca tuh kitab wajib baca kitab novel judulnya Dunia Sophie dulu. Lha apan saya gundah, apa hubungannya tuh novel ama kitab yang beliau buat. Tapi ucapnya Kak Ina & Kak Ita tetep keukeuh kalau mau ngerti bukunya Kak Sani HARUS bin WAJIB baca Dunia Sophie, okey kedengerannya emang menarik kesan pertama yang saya tangkep tuh judul emang nggak seaneh judul bukunya Kak Sani, & berhubung saya emang penggila novel (apalagi kalau udah terdapat yang rekomendasiin & emang ucapnya beneran bagus, saya PASTI dengan berapi-api bakalan hunting tuh kitab, tentunya dengan menengok budget yang saya punya ehehehe), & tuh judul novel emang beneran bikin saya bertanya-tanya. Hingga waktu itu saya terlibat perbincangan dengan Kak Malik, & beliau nanya Sani, suka filsafat? & jrengjeng ngedenger itu saya bisanya cuma nyengir kuda aja, ah kenapa musti filsafat kenapa enggak nanya apa kek gitu yang lain, & kenapa kata filsafat tiba-tiba mengusik saya untuk mencoba mengenalnya bukan hanya sekedar mengetahuinya saja, &..&..& kenapa disetiap perbincangan tuh kata filsafat selalu diselip-selipin, apakah filsafat begitu wahnya dimata mereka (Kak Sani & Kak Malik) & ujungnya mereka rekomen supaya saya maupun membaca Dunia Sophie. Ah ya, sebab itu saya kebayang terus tuh kitab, & saya beneran bertekad pokoknya apapun yang terjadi selesainya ujian saya cari tuh novel pokoknya HARUS sampei DAPET, ah ya tapi biasanya kalau kitab yang kayak begini ayah saya punya. Ayah saya, ya ayah saya. Sosok pria yang melahap banyak sekali kitab & mendalami banyak hal dari kitab, hingga saking tergila-gilanya dengan kitab (terutama kitab-kitab sejarah & yang berbau-bau klasik) sampei-sampei isi kamar sempit gara-gara gundah mau naruh kitab di mana lagi, tapi ternyata malangnya untuk kitab yang satu ini ayah saya ternyata nggak punya. Dan ya apa boleh buat saya wajib merelakan uang bulanan saya untuk membeli tuh novel yang tebelnya nggak kalah sama Harry Potter no 5 & 7. Eniwei sebelum kembali menyebutkan Dunia Sophie, alangkah baiknya saya cerita dulu kapan pertama kali saya tau terdapat kata filsafat. Jadi itu kejadiannya kalau nggak salah pas saya masih pake rok rempel merah, & tanpa sengaja saya ngeliat di perpaduan koleksi kitab ayah saya terdapat yang judulnya apa gitu pokoknya terdapat kata filsafatnya. Lha saya jadi bertanya-tanya & akhirnya saya tanya mak saya apa itu filsafat. Tapi ternyata respon yang diberikan nggak begitu baik, intinya mak saya bilang orang filsafat itu orang yang suka mempertanyakan banyak sekali hal & parahnya lagi hingga nanyain Tuhan yang mengerikan diujung akhir hayatnya banyak orang filsafat yang hingga ajal menjemput nggak percaya adanya Tuhan. Wah serem banget kan, tapi saya pikir ulang lho bukannya bagus kalau kita mempertanyakan banyak hal, tapi mak saya keukeuh berhati-hatilah dengan filsafat. Mempertanyakan keberadaan Tuhan, ya itu yang saya garis bawahi. Saya jangan lupa ketika saya lagi-lagi tanpa sengaja membaca salah satu judul kitab yang ayah saya punya, Sejarah Tuhan. Pokoknya tuh kitab tebel banget, saya bertanya-tanya isinya apa tapi saya nggak berani sebab lagi-lagi dari mak saya Tuhan itu nggak pantes buat kita pertanyakan, Tuhan itu diukurnya bukan pake logika tapi pake iman. Dan itulah orang filsafat, saking mengagungkan akalnya beliau ujung-ujungnya nggak mempercayai Tuhan. Berhubung iman saya masih tipis banget jadi saya takut mempunyai pikiran yang sama kalau baca tuh kitab. Nah lain mak lain ayah. Kalau ayah saya bilang orang filsafat itu selalu bertanya-tanya tentang banyak sekali hal, bahkan hal-hal mini yang tidak jarang luput untuk kita pikirkan, trus saya tanya apa bener kalau kita jadi orang filsafat kita bakalan nggak percaya sama keberadaan Tuhan, ngedenger itu ayah saya cuman diem nggak komentar banyak, beliau Cuma bilang Berarti beliau nir sahih-sahih mendalami agamanya & eng ing eng kembali saya dirancang gundah. Ya begitu banyak hal yang saya pertanyakan. Dari kenapa saya terlahir dalam lingkungan keluarga yang seperti ini. Punya mak dengan kulitnya yang begitu putih sementara ayah saya sebaliknya hingga melahirkan anak-anak yang mempunyai kulit coklat nir seputih mak & maupun nir segelap warna kulit yang ayah saya miliki. Kenapa saya terlahir menjadi seorang perempuan & wajib menutup auratnya yang ukurannya lebih banyak daripada laki-laki. Kenapa dalam agama saya laki-laki itu kok kesannya simple banget, bahkan sholatpun pake sarung ataupun celana jadi, tetapi kenapa perempuan wajib pake mukena (kalaupun enggak ya pake baju panjang gitu, yang kentara nggak sesimple laki-laki). Kenapa saya wajib terlahir menjadi seorang Muslim bukan Nasrani atau yang lainnya. Kenapa saya lahir di pulau Jawa hingga kenapa saya ditakdirkan menjadi WNI. Apakah sebelumnya kita telah melakukan perundingan-perundingan dengan Tuhan, sebelum akhirnya kita terlahir dengan banyak sekali syarat yang telah Tuhan tetapkan?. Padahal....saya tidak jarang takjub setiap tanggal 25 Desember di TV selalu menyiarkan acara natal dengan kemegahan gereja Vatikan, tertata begitu rapih, dengan nyanyian yang mengagumkan & patung-patung yang begitu manis yang sama sekali saya nir temui ketika di dalam masjid. Begitupun dengan agama Hindu dengan meditasinya yang begitu menenangkan apalagi saya sahih-sahih dirancang kagum dengan kalimat-kalimat yang diucapkan Gede Prama,hingga saya waktu ditingkat pertama suka mengikuti meditasi yang diadakan salah satu radio yang dibawakan Pak I Wayan (lagi-lagi saya lupa nama panjangnya) cita rasanya hening banget kalau udah meditasi, hingga saya berpikir kenapa agama yang saya anut nggak sama dengan agama yang Pak Wayan & Pak Gde anut, & pertanyaan-pertanyaan ini mengantarkan saya pada film cin(T)a & kalimat yang paling saya inget adalah Kalau Tuhan itu satu, kenapa Tuhan menghendaki disembah dengan banyak sekali cara? jleb pertanyaan yang dari saya tuh daleeemmmm banget, iya ya kenapa. Ya kenapa & kenapa, banyak pertanyaan mengenai Tuhan yang amanah saya masih gundah, tapi lagi-lagi saya inget apa yang dikatakan mak saya Nggak semua pertanyaan musti terdapat jawabannya,& nggak semua yang terdapat bisa diukur dengan logika tetapi dengan iman. Kalau anda terus memakai logika anda untuk & mempertanyakan Tuhan, kentara logika anda nggak bakalan nyampe buat ngukur kalau Tuhan itu terdapat, sebab Tuhan itu cuman bisa dirasakan ketika anda melihat ciptaanNya ya itu tadi hanya dengan iman anda bisa merasakan adanya Tuhan & saya nanya lagi Trus kenapa musti Islam? mak saya cuman jawab Karena Islam yang bener tapi saya nggak puas Tapi bukannya setiap agama itu mengajarkan kebaikkan? kayaknya ngedenger ini mak saya mulai kesel Kamu ini ya.. & ngedenger itu saya nggak berani ngelanjuttin pertanyaan. Hingga saya mendapatkan jawaban (meski butuh waktu usang) kenapa wajib Islam & Dunia Sophie membantu sedikitnya apa yang saya pertanyakan. Di sana dijelaskan sejarah-sejarah agama (Dan yang banyak di bahas mengenai agama Nasrani) meskipun agama saya nggak banyak di bahas, tapi seenggaknya saya makin konfiden dengan agama yang saya anut kini, terutama kalau saya sambung-sambungin sama ayat-ayat Al Quran & saya mendapat klarifikasi yang begitu banyak mengenai kehebatan agama yang saya anut ketika saya mengikuti pembinaan ESQ. Ya...agama nggak terdapat yang ngajarin kejahatan, & itu di perkuat ketika saya baca bukunya The Secret the Power. Di sana dimuat banyak sekali kutipan dari banyak sekali kitab terutama Alkitab & selain Alkitab terdapat teks Hindu antik,Budha Gautama, & ajaran Taoisme (saya nggak begitu familiar dengan kata ini) tapi saya tetep megang teguh kalau Innaddina indallohilislam hehehe, ah ya saya nggak mau memperdebatkan disparitas-disparitas agama yang terdapat, sebab ini menyangkut spiritual seseorang jadi itu kembali ke pribadi masing-masing ya :D. Nah...balik lagi kepertanyaan-pertanyaan yang entahlah itu bisa dianggep konyol apa enggak. Dan kalau ucapnya di Dunia Sophie sih kadangkala kita itu terkurung sama lingkungan kurang lebih kita, seperti pada waktu itu Sophie memakai kacamata berkualitas di optik tunggal lensa merah & beliau melihat sekelilingnya maupun warnanya mendadak semuanya berubah jadi merah. Saya jadi inget waktu mak saya ngelarang saya makan durian sebab mak saya nggak suka sama wanginya yang ucapnya bikin pusing, padahal saya bertanya-tanya banget ama cita rasanya & kenapa enggak bukankah agama saya nggak ngelarang umatNya buat makan durian hehehe, & begitu usang saya bertanya-tanya ama cita rasanya tapi apalah daya kalau mak saya nggak pernah beli sebab alesan nggak bertenaga sama baunya. Hingga waktu itu saya terdapat di rumah paman saya & entah terdapat angin apa lagi banyak banget durian di sana, & saya berpikir nggak terdapat salahnya buat nyoba apalagi di sana nggak terdapat mak saya hehehe (emang ya anak itu makin dihentikan makin bertanya-tanya) tapi tetep sebab masih terbawa dampak durian itu nggak layak untuk dimakan saya nanya sama paman saya Emang enak? dengan tampang yang SANGAT MEYAKINKAN beliau jawab Enak, banget malahan. Coba aja nih sembari menyodorkan butir durian ke hadapan saya, & dengan sedikit keraguan saya ambil & pas durian itu mulai bercampur dengan air liur saya, mata saya pribadi terbelalak Enak ya & ngedenger itu paman saya cuman ketawa-ketawa & saya nambah lagi & lagi hehehe. Dan impasnya ketika terdapat saudara saya ngirimin 3 karung durian ke rumah (berhubung beliau baru panen ucapnya) mak yang nerima udah pasang tampang asem aja tapi saya justru malah seneng & bilang Enak ko bu, banget malahan & mak kembali nyangkal sembari mau muntah gitu sebab nggak bertenaga sama baunya Tapi kan bau? & saya jawab lagi Ya udah, mak makannya sembari tutup hidung aja sembari nyengir. Tapi ya itu berhubung mak pusing banget ngadepin tuh bau duren akhirnya tuh duren dibagi-bagiin & dari 3 karung Cuma tersisa 3 biji. Nah itupun berlaku dengan babat yang terdapat di bakso. Pokoknya pas saya mulai bisa baca, & pas saya diajakkin makan baso saya baca di daftar menunya terdapat tulisan bakso babat, & ya rasa bertanya-tanya sayapun kembali muncul Bu pesen ini aja ya & mak saya Cuma bilang Enggak, yang biasa aja saya heran Kenapa? Babat itu kotor,& jijik saya yang emang nggak mau memperpanjang persoalan cuman ngangguk & nurut-nurut aja hingga saya melihat wujud babat pada akhirnya. Jadi ceritanya sepupu saya beli bakso & pas saya lihat kok terdapat yang warnanya agak abu ama item gitu saya tanya Itu apa? sepupu saya jawab Ini namanya babat San aha...saya jadi teringat percakapan mak saya tentang babat itu Enak? ngedenger itu sepupu saya ngangguk dengan SANGAT YAKIN Enak ko, Sani mau nyoba? dengan semangat saya berbisik dalam hati Ayo..kapan lagi nyoba & dengan bersemangat saya mencoba Gimana? Enak? tanyanya Enak ya jawab saya sembari tersenyum. Meskipun hingga kini saya nggak begitu sering makan durian ataupun babat, tapi dari semua ini ya kadang kita terlalu terburu-buru ngejudge suatu hal, tanpa kita tahu yang sebenernya itu kayak gimana. Seperti ketika saya sama sekali punya ketakutan tersendiri buat nyoba babat & durian, padahal ternyata rasa durian atau babat itu nggak seburuk yang saya bayangin sebelumnya. Eniwei, ya itu tadi terkadang kita kok nggak ngebebasin diri kita untuk hal-hal yang terasa asing bagi kita, sebab kita masih terkungkung sama pikiran-pikiran kita yang secara nggak pribadi sahih-sahih sangat ditentukan sang lingkungan & orang-orang terdekat kita. Balik lagi ke filsafat. Jadi ceritanya waktu itu saya gundah banget mau nentuin jurusan apa yang akan saya ambil. Nah waktu SMP saya tergila-gila banget sama yang namanya pelajaran ekonomi, pokoknya kalau terdapat pelajaran ekonomi saya tuh semangeeeettttt banget deh. Hingga saya putuskan kalau kuliah nanti saya ambil jurusan ekonomi & saya ngebayangin pengen sekolah di ITHB, pokoknya kalau enggak ekonomi ya pokoknya yang berbau-bau ekonomi lah baik itu saudaranya (Akuntansi atau Menejmen) atau usaha & untuk itu saya wajib memperdalam dengan cara pas ntar SMA saya HARUS terdapat di kelas IPS, tapi nasib mengatakan lain mak saya nggak ngijinin, & saya gundah. Okey sebab ekonomi ditolak, yang ditandakan dengan nir diijinkannya saya berada di kelas IPS tapi ucapnya saya itu wajib masuk IPA. Okey..saya mulai gundah, sebab bentar lagi saya wajib menentukan jurusan apa yang mau saya ambil, & berhubung saya suka mayapada tulis menulis saya berpikir untuk memperdalam ilmu jurnalistik & saya mulai ngebayangin kalau entar saya itu jadi wartawan atau bekerja di media cetak yang jadi favorit saya koran Kompas hehehe, tapi lagi-lagi hasrat saya ditolak. Hadeuh makin bingunglah saya nanti mau dibawa ke mana. Dan saya mulai berpikir kenapa enggak kalau saya coba psikologi berhubung kalau diliahat-lihat koleksi kitab saya banyak yang berbau-bau psikologi & saya mulai kenal sama grafologi jadi saya berpikir okey saya mau ambil psikologi apapun yang terjadi. Tapi lagi-lagi hasrat saya ini ditolak, & entah kenapa diantara penolakkan itu mak nyebut-nyebut maupun filsafat. Jadi ya ucapnya orang sikologi itu saking banyaknya teori mengenai ilmu kejiwaan yang mereka pelajari, mereka suka gundah sendiri menghadapi jiwa-jiwa yang terdapat, entah itu jiwa mereka sendiri atau jiwa-jiwa orang-orang terdekat mereka hingga mereka akan sulit sekali untuk menentukan pasangan hidupnya saking banyaknya pertimbangan (tampaknya alesan ini yang paling bertenaga,hadeuh) & begitupun filsafat dengan pertanyaan-pertanyaannya yang begitu liar & selalu mempertanyakan banyak hal. Intinya saya kembali mendapatkan penolakkan. Filsafat...ya filsafat, kenapa kata itu diselip-selipin maupun dengan penolakkan yang terdapat. Apakah filsafat itu sahih-sahih horor hingga beberapa orang menjaga jeda dengan mayapada filsafat. Ah ya, tapi saya sahih-sahih nir mempedulikan. Yang saya sahih-sahih pikirkan adalah jurusan kuliah nanti saya mau ngambil apa. Hingga sebab jurusan yang berlatar belakang IPS ditolak mulu akhirnya dengan iseng saya bilang gimana kalau saya ambil kimia. Dan respon yang sungguh sangat mengagetkan saya dapat Kalau kimia boleh jleb ngedenger itu saya pribadi gundah, kimia? Apakah saya sanggup, & merelakan diri saya sahih-sahih karam di mayapada sains & lab,tapi ketika itu saya memang sahih-sahih nggak punya pilihan akhirnya saya daftar dengan jurusan kimia, & entah planning Tuhan apa yang telah disiapkan saya akhirnya keterima maupun dijurusan yang sama sekali nggak sedikitpun saya rencanakan. Dan untuk mempersiapkan ini, saya berusaha ketika di SMA untuk sahih-sahih menghibur diri saya untuk sahih-sahih mengasihi mayapada kimia. Okey...hingga saya memang berada ditingkat pertama yang enggak pribadi masuk jurusan. Dan sayapun kembali bertemu dengan cinta usang saya (ekonomi) & sungguh menciptakan saya semakin tergila-gila untuk memperdalaminya apalagi terdapat mata kuliah Pengantar Kewirausahaan yang emang saya sungguh mengasihi mata kuliah ini (walau saya dapet dosen yang angker sebab sering teriak-teriak) tapi itu sama sekali nir menyurutkan rasa cinta saya terhadap mayapada usaha, ditambah lagi kalau saya lagi down saya suka cari ilham di majalah Elsinta yang emang banyak nyeritain jatuh bangunnya kehidupan pengusaha-pengusaha sukses, & dari sana saya banyak sekali mendapatkan pelajaran & kesadaran, kalau terjatuh dalam kehidupan itu biasa,yang terpenting adalah bagaimana caranya supaya kita kembali bangkit sebab itulah yang LUAR BIASA. Karena dari Pak Niam Muiz (salah satu pengisi konsultasi usaha di majalah Elsinta) Tuhan itu mempunyai banyak sekali cara untuk mendewasakan umatNya,& kalimat itu yang selalu saya pegang kalau saya emang bener-bener lagi ngerasa jatuh,& saya konfiden Tuhan selalu mempunyai planning terindah untuk umatNya. Dan doa merupakan cara untuk menghapus semua keraguan. Kalau kata Pak Adhyka dalam bukunya Amazing You untuk apa kita berdoa,kalau kita nir konfiden Tuhan akan mengabulkan doa kita. Okey,hingga saya belum bertemu dengan Dunia Sophie saya belum menemukan alasan yang dapat menguatkan diri saya untuk sahih-sahih mengasihi jurusan saya. Dan selesainya saya membaca setidaknya menumbuhkan sedikit cinta yang hampir hilang,terutama ketika membahas tentang Democritus yang memikirkan tentang atom & permainan lego yang bisa menyusun apapun,walau dengan komposisi yang sama tetapi dapat memproduksi bentuk yang tidak selaras,& saya jadi teringat dengan atom C yang merupakan inti dari segala penyusun di alam ini,& pertanyaan kenapa atom wajib mempunyai tangan-tangan untuk mengikat atom-atom yang lainnya terjawab telah ketika membahas permainan lego. Ya Dunia Sophie secara nggak pribadi merubah sudut pandang saya tentang banyak sekali hal. Ketika membacanya saya seakan-akan membuka memori saya ketika saya belajar sejarah,PPKN,kimia,fisika,geografi,biologi,ekonomi,dll. Terutama untuk pelajaran sejarah & PPKN. Tentang peradaban-peradaban jaman dulu,tentang tokoh-tokoh yang tidak jarang saya temui dilembaran kitab pelajaran PPKN seperti John Lock contohnya & ekonomi yang berafiliasi dengan daya beli konsumen & kaum pemodal hingga lahirnya Karl Marx yang mengingatkan saya dengan komunis. Dan Socrates yang begitu dikagumi sang Ayah Edy sebab sistem pendidikkan yang ia terapkan hingga melahirkan Aristoteles & Plato. Ayah Edy. Ya saya sangat mengagumi beliau dengan gebrakkan-gebrakkan konsep pendidikkan yang ia terapkan. Beliau banyak mengkritisi konsep pendidikkan yang ia rasa begitu ganjil. Beliau sangat mengagumi Socrates yang ternyata baru saya tahu alasannya kenapa selesainya saya membaca Dunia Sophie. Ayah Edy menyayangkan dengan sekolah-sekolah kini yang seakan-akan hanya melatih muridnya untuk menjawab latihan-latihan soal bukan mengetahui kenapa teori-teori itu bisa muncul,maka jangan heran ketika anak bangsa kita banyak yang memang menjuarai olimpiade-olimpide bahkan hingga tingkat mayapada di bidang sains,tapi adakah yang mendapatkan nobel? (saya konfiden Anda mengetahui jawabannya). Dan nama-nama ini mengingatkan saya akan pelajaran tarbiyah yang saya dapat ketika SMP. Pada pelajaran ini saya belajar banyak hal terutama dengan perkembangan pendidikkan dari masa ke masa. Dimana pada waktu itu belajar panahan & pedang diklaim lebih krusial dibandingkan pelajaran yang lainnya (jaman perang). Hingga dari dulu (bahkan dari saya masih berlaku hingga kini) jurusan yang selalu menjadi favorit itu kedokteran & hukum entahlah dengan alasan apa yang sempurna tetapi 2 jurusan ini mempunyai pencitraan yang begiti wah setidaknya untuk rakyat kita. Bahkan kalau kita tanyakan pada anak-anak TK atau SD mutlak kebanyakkan mereka pengen jadi dokter,tetapi dengan bertambahnya umur keinginan jadi dokter ini sedikit demi sedikit untuk kebanyakkan orang semakin menyusut apalagi dengan biaya untuk masuk jurusan kedokteran begitu WAH dibandingkan dengan jurusan-jurusan yang lain. Dan masalahnya nggak sedikit orangtua yang memaksakan anaknya untuk menjadi seorang dokter,& itulah yang disayangkan sang ayah Edy. Ketika passion seorang anak wajib terbelenggu dengan keinginan orangtua. Okey...kembali ke Dunia Sophie. Saya jadi berpikir untuk memperkenalkan novel ini pada saudara termuda saya yang masih duduk di kelas satu SMA. Karena dengan novel filsafat ini,saya konfiden akan menumbuhkan begitu banyak kesadaran kita akan berasal-usul sebuah ilmu menjadi akibatnya efeknya kita akan lebih bersemangat untuk belajar mengenai banyak hal. Ketika saya sewaktu SMA saya belajar mengenai ilmu tentang kenegaraan amanah saya nir memberikan perhatian yang besar didalamnya saya banyak menemukan nama-nama yang saya temui di Dunia Sophie,& sebab saya nir mengetahui berasal-usulnya dengan begitu baik jadi ya saya hanya belajar untuk kebutuhan nilai di raport saja,& jikalau saya jangan lupa semua itu kini saya menjadi menyesal atas sikap saya itu. Begitupun dengan komunis yang seakan-akan begitu kejam sebab menyamaratakan dengan tokohnya Karl Marx. Tetapi jelaslah ini bukan tanpa alasan,kalau saya jangan lupa salah satu kalimat dalam subuah film drama Korea Manusia itu nir terdapat yang jahat,syarat & lingkunganlah yang menciptakan beliau menjadi jahat. Begitu pun dengan teori Darwin yang begitu banyak ditentang kalau kita berasal dari nenek moyang yang sama dengan monyet,padahal kentara-kentara manusia pertama yang diturunkan Tuhan adalah Adam baru kemudian Tuhan menciptakan Hawa yang syahdan diciptakan dari tulang rusuk Adam,maka tidak heran jikalau hingga kini sentilan kalimat orang yang mencari pasangan hidupnya Di manakah tulang rusukku berada? masih berlaku & begitu familiar hingga kini. Ya..saya jangan lupa kata-kata guru biologi saya sewaktu SMA Kita nir bisa menyalahkan Darwin begitu saja dengan teorinya. Ilmu pengetahuan itu terus berkembang, & itu tugas kita untuk menyempurnakan ilmu-ilmu yang telah terdapat. Dan itu lah kelemahan Darwin, pada waktu itu ilmu yang beliau pahami ya baru hingga situ, & seiring dengan perkembangan zaman & ilmu pengetahuan semakin berkembang akhirnya kita menyadari bahwa teori beliau begitu salah,& ini tugas generasi-generasi berikutnya, memperbaikinya. Dan ucapnya lagi dalam Dunia Sophie seorang filsuf itu nir terburu-buru untuk mengambil keputusan. Menurut saya semua tindakkan sekeliru atau sefatal apapun efek yang disebabkan itu bukan tanpa sebab,sebab setiap tindakkan itu mutlak mempunyai alasan hanya saja apakah kita memahami sahih apa alasan dibalik semuanya,ataukah kita hanya begitu terburu buru untuk menanggapi & mengambil kesimpulan?. Dunia Sophie & filsafat. Ya & ternyata itu merubah pola pikir saya mengenai filsafat yang pada awalnya begitu horor bagi saya. Tetapi selesainya saya membaca Dunia Sophie filsafat itu berasal dari pertanyaan-pertanyaan logika yang menuntut untuk segera terpuaskan akan segala keingin tahuan. Kita hayati di zaman yang serba sophisticated ini ya mutlak pada awalnya didasari dari begitu banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang muncul & kita menjadi manusia sebab dibekali Tuhan dengan logika mencari-cari jawaban atas semua pertanyaan. Dari semua pertanyaan-pertanyaan logika ini muncullah banyak sekali peradaban yang mengganti pola hayati manusia seiring dengan bertambahnya zaman. Kalau kata ayah Edy, yang kita butuhkan adalah jadilah seperti gelas yang terbuka yang selalu siap untuk menerima banyak sekali ilmu. Jangan menutup diri untuk banyak sekali hal yang sebetulnya belum kita pahami sahih apa yang terkandung dibalik semuanya itu. Dan alangkah nir adilnya ketika kita terburu-buru untuk memvonis suatu ilmu dengan label yang nir baik apalagi ditambah dengan embel-embel mempunyai efek nir baik ketika kita sahih-sahih mencoba untuk memahaminya lebih dalam, & pemahaman ini saya dapatkan selesainya (lagi-lagi) membaca novel Dunia Sophie. Eniwei,saya sangat berterima kasih sekali kepada orang-orang yang menggelitik saya untuk mengetahui, tepatnya mencoba membuka pikiran tentang filsafat & merekomendasikan novel Dunia Sophie yang menciptakan saya pada akhirnya tersadar akan banyak hal. Terutama Kak Malik & Kak Sani . Ya dengan novel ini sahih-sahih menghapus pandangan nir baik saya mengenai filsafat. Dan saya mempunyai tekad untuk mengenalkan novel ini pada saudara termuda & ayah saya. Saya berharap saudara termuda saya pun akan sahih-sahih menikmatinya & ayah saya, saya konfiden beliau akan jatuh cinta dengan novel ini. Oh iya saya nir tahu reaksi apa yang akan timbul ketika mak saya mengetahui kalau saya membaca sebuah novel filsafat hehehe. Balio, 18 Jan. 12 09:50 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top