Minggu, 11 Februari 2018

Petualangan tiga Hari kepada Singapura

Petualangan tiga Hari dalam Singapura

Berlibur selalu jadi momen menarik yang nampaknya perlu direncanakan secara berkala. Menelusuri tempat wisata, berbelanja sang-sang, berkuliner, ah membayangkannya saja sudah mutlak menyenangkan. Ialah Singapura, negara yang aku pilih buat jadi destinasi berlibur Mei 2017 lalu. Singapura adalah negara maju nan moderen yang masyarakatnya sangat patuh terhadap peraturan.

Tanpa kemacetan walaupun dalam distrik bisnis kota, Singapura punya moda transportasi yang baik buat masyarakatnya. Adalah MRT (Mass Rapid Transit), LRT (Light Rail Transit), cable car, dan bus. Dimana transportasi missal tadi datang sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan. Untuk menaikinya, Anda mampu menggunakan EZ-Link yaitu kartu pintar sebagai tiket cara lain. Dengan menggunakan kartu ini, aku pun siap berkelana menunggangi transportasi yang nyaman berkeliling kota.

Transportasi dari Changi Airport Menuju Pusat Kota

Selamat Datang dalam Singapura

Pesawat pun mendarat dengan sempuna dan aku turun dalam terminal 2 Changi airport. Bagi Anda yang berada dalam terminal 2 atau tiga mirip aku, ikuti petunjuk arah bertuliskan Train To City. Turun dengan eskalator menuju stasiun MRT, pilih jalur sebelah kiri ke arah Joo Koon. Jangan pilih jalur kanan alasannya kereta tadi akan membawa Anda ke Pasir Ris, bukan pusat kota. Turun dalam stasiun Tanah Merah yang berjarak tak jauh dari bandara Changi, yakni hanya melampaui 2 stasiun.

Nb: Untuk yang berada dalam terminal 1, silakan menuju terminal 2 atau tiga terlebih dahulu dengan Sky Train secara gratis. Perjalanan ke terminal 2 atau tiga memakan waktu tidak hingga 2 menit.

DAY 1

Berburu Oleh-Oleh dalam China Town

Untuk menuju ke Chinatown, Anda mampu naik MRT dan turun dalam Stasiun Outram Park. Dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar lima - 7 menit menuju Chinatown.

Sepanjang jalan dari stasiun MRT menuju Chinatown, Anda akan melihat tempat ibadah yang letaknya berdekatan, mirip mesjid, gereja, dan kuil. Ini bukti bahwa Singapura adalah negara multikultural yang tentram. Di Chinatown, sesuai dengan rencana aku akan berburu sang-sang buat famili dan sahabat dekat.

Anti mainstream memang, justru aku mendatangi tempat membeli sang-sang setibanya dalam Singapura. Buat aku, sang-sang adalah suatu keharusan yang vital sebagai akibatnya aku perlu memasukkannya dalam itinerarypertama. Di Chinatown, Anda akan menemukan barang-barang yang mampu dijadikan souvenir, mirip kaos, gantungan kunci, magnet kulkas, dan lain sebagainya. Aika Anda membeli dalam jumlah banyak, harganya akan lebih murah. Biasanya harga yang dipatok adalah kurang lebih sama, yakni tiga barang dengan harga USD $ 10.

Sisi Lain Geylang Road

Aika ingin ke jalan Geylang, Anda mampu naik MRT dalam jalur hijau dan turun dalam stasiun Aljunied. Dari stasiun Aljunied anda mampu berjalan kaki sekitar 7 menit ke Geylang.

Kawasan ini termasuk keliru satu tempat yang enggan dikunjungi sang para wisatawan. Pasalnya Geylang terkenal akan praktek prostitusi absah maupun ilegal dalam Singapura. Sepanjang jalan, Anda akan menemukan toko bertuliskan adult shop yang umumnya dihias dengan rona-rona feminin. Kendati demikian, aku tidak menemui sedikit pun hal negatif dalam sana. Justru yang aku temui adalah bangunan kuno yang kebanyakan berarsitektur China. Bangunan-bangunan tadi difungsikan sebagai kafe atau kedai makan. Seperti keliru satu kedai yang aku datangi ini, namanya Cui Xiang Yuan.

Pork Ribs yang Nikmat dalam Cui Xiang Yuan

Tidak terdapat salahnya buat mampir dalam Cui Xiang Yuan. Seorang pria paruh baya berlogat Mandarin menyapa aku dan menanyakan hidangan yang akan aku pesan. Sontak aku mengarah Pork Ribs yang tersaji bersama nasi. Di samping itu, Cui Xiang Yuan juga menyediakan Chicken Noodle berkuah yang pas dinikmati sebagai hidangan makan malam. Walaupun berlokasi dalam daerah pemukiman, makanan dalam sini tak kalah nikmat dengan dalam restoran.

Delicious Hokkaido Baked Cheese Tart

Pertama kali terkenal dalam pulau Hokkaido, Jepang, Hokkaido Baked Cheese Tart terus bermuara hingga ke negara Asia, mirip Singapura ini. Berjalan dalam Geylang, aku menemukan toko kudapan manis bernama Delicious yang hanya menjual 1 macam jenis hidangan, yakni Cheese Tart. Lapisan terluar tart dipanggang hingga garing, dalam dalamnya berisi cream keju yang lembut dan gurih. Tidak terlalu manis bahkan mampu disebut pas dalam pengecap.

DAY 2

Berkunjung ke Merlion Park & Marina Bay Sands

Stasiun MRT terdekat Merlion Park & Marina Bay Sands adalah stasiun Raffles Place. Anda perlu berjalan kaki ke arah Singapore River & Fullerton Hotel buat mencapainya. Letak patung Merlion dan Marina Bay Sands tak jauh dari sana.

Belum ke Singapura apabila tidak ke Merlion Park. Patung singa yang berdiri kokoh ke arah pelabuhan Marina tadi tentu jadi daya tariknya. Ikon negara Singapura ini begitu terkenal dan bentuknya acapkali ditemui dalam gantungan kunci, magnet kulkas, tas, hingga cokelat. Merlion Park dibuka selama 24 jam dan tanpa dipungut porto.

Sama halnya dengan patung Merlion, Marina Bay Sands mampu dibilang adalah ikon kebanggaan kota Singapura. Bangunan nan megah ini adalah hotel yang mempunyai sekitar 2000 kamar termasuk restoran mewah dan Sands SkyPark. Pada animo liburan, Anda harus pintar-pintar mengambil spot foto dalam dua lokasi ini alasannya banyak diserbu sang wisatawan.

Berekreasi dalam Sentosa Island

Untuk menuju Sentosa Islands, Anda harus transit dalam stasiun Dhoby Ghaut atau Outram Park, tergantung rute yang dinaiki sebelumnya. Kemudian turun dalam stasiun MRT Harbour Front (jalur ungu) yang berada tepat dalam mall Vivo City. Naik ke lantai tiga, Anda akan menemukan monorail yang mengantarkan ke lokasi Sentosa Island.Tarif menaiki monorail adalah SGD $ 4 yang mana Anda sudah mampu mengelilingi pulau Sentosa dan sudah termasuk porto kembali ke Vivo City.

Berjarak tak jauh dari kota Batam, Sentosa dikelilingi sang panorama pemandangan yang mengagumkan. Sebuah Integrated Resortdi Singapura ini adalah destinasi wajib apabila berkunjung Singapura alasannya dilengkapi dengan hotel, kasino, Madame Tussauds, shopping center, pantai, SEA Aquarium, dan Universal Studio Singapura (USS).

Museum Madame Tussauds

Untuk menuju Madame Tussauds, Anda turun dalam Imbiah Lookout

Wisata pertama dalam Sentosa Island yang aku datangi adalah museum Madame Tussauds. Museum ini berisi patung lilin dengan figur terkenal yang berasal dari banyak sekali kalangan, mulai negarawan, anggota kerajaan, artis, hingga atlet. Madame Tussauds sama halnya dengan pertemuan fans dan idolanya. Maka, pastikan baterai kamera Anda terisi agak penuh buat beraksi dan berfoto selfie dalam Madame Tussauds.  Bukan hanya patung, latar belakang si tokoh pun disesuaikan supaya terlihat lebih hidup.

Nb : Sedikit gosip, sebelum memasuki area patung lilin banyak sekali figur, Anda akan dihibur dengan beberapa talent yang menjelaskan mengenai gosip ihwal negara Singapura dengan gaya atraktif.

Universal Studio Singapore

Universal Studio Singapore berada dalam stasiun Waterfront Station.

Kunjungan wisata berikutnya dalam pulau Sentosa tak lain dan tak bukan adalah Universal Studio Singapore (USS). Jam bukanya adalah dari jam 10.00 hingga 19.00 waktu setempat. Wahana dalam Universal Studio Singapore dibagi menjadi beberapa zona. Penelusuran aku diawali dari zona Sci-Fi, yakni transformers. Saya pun tertarik buat memasuki sarana Transformer 3D the Ride. Notabenenya, dalam sarana tadi, aku menaiki roller coaster dan diwajibkan buat menggunakan kacamata berkualitas di optik tunggal 3D. Dalam alur cerita yang berdurasi kurang lebih 4 menit ini, aku dibawa dalam petualangan Optimus Prime dan kawan-kawan melawan Decepticons.

Aika Anda pecinta tokoh besar bewarna hijau yakni Shrek, Anda mampu mengunjungi zona Far Far Away. Wahana yang tidak aku lewatkan tentu Shrek 4D Adventure. Di sini, aku dan pengunjung lainnya dihadapkan dalam cerita heroik Shrek dan Donkey dalam menyelamatkan Putri Fiona yang diculik sang Lord Farquaad yang berwujud hantu. Tak ketinggalan, aku juga mengunjungi teater khusus bernama Live Donkey yang mana penonton mampu berinteraksi pribadi dengan tokoh keledai lucu tadi.

Beberapa sarana lain yang sayang dilewatkan diantaranya permaianan roller coaster Revenge of the Mummy dalam zona Ancient Egypt, A Crate Adventure dalam Zona Madagascar, Water World dalam zona The Lost World, dan zona Hollywood yang photogenic berada dalam dekat pintu masuk USS.

Isi Amunisi dalam Malaysian Food Street

Puas bermain dalam USS, tiba saatnya buat mengisi amunisi. Saya sarankan Anda buat Malaysian Food Street yang letaknya tidak jauh dari pintu masuk / keluar USS. Interiornya pun didesain semirip mungkin seolah menuntun imajenasi Anda berada dalam Malaysia. Food court dengan 17 tenan ini menunjukkan beraneka ragam jajanan Malaysia yang menggugah kesukaan. Hidangan otentik yang dimaksud diantaranya Claypot, Kway Teow, Hokkien Mee, dan Bak Kut Teh.

Es Krim 1 Dolar dalam Orchard Road

Orchard Road berada dalam stasiun MRT Orchard (jalur merah).

Pemandangan kesibukan rakyat Singapura terpampang konkret dalam sini. Lalu lalang orang sekitar yang berjalan cepat jadi tontonan tersendiri yang mengasyikkan bagi aku. Suatu pengalaman menikmati indahnya Orchard Road tak lengkap cita rasanya tanpa es krim 1 dolar. Sangat praktis menemukan penjual es krim ini alasannya hampir tersedia hampir dalam setiap sudut. Pengenalnya adalah sepeda motor dengan payung besar yang menjulang dalam atasnya.

Little India dalam Singapura, Yap Mustafa Centre!

Cara menuju mustafa centre adalah dengan turun dalam stasiun Farrer Park yang berada dalam jalur ungu.

Mustafa Centre is one destination not to be missed! Lalu lintas pun tidak terlalu ramai dengan kendaraan beroda empat yang hilir mudik dengan teratur. Kabar baiknya adalah Mustafa Center adalah satu satunya tempat berburu sang-sang yang buka 24 Jam dalam Singapura. Berlokasi dalam Little India, Mustafa menjual banyak sekali macam barang, tidak hanya sang sang, tetapi juga kebutuhan sehari hari.

Untuk Anda yang ingin tampil stylish,tersedia juga jam tangan, parfum orisinal dengan harga bersahabat, obat, tas, dan barang elektronik mirip handphone. Mustafa juga terkenal akan jajanan khas Timur Tengah yang sayang apabila dilewatkan. Seperti makanan yang aku pesan ini, Roti Tissue dan tak ketinggalan Coffee C buat tambahan kafein aku malam itu.

DAY tiga

Lagi, Belanja Oleh - Oleh dalam Bugis

Untuk mencapai Bugis, Anda mampu menaiki MRT dan turun dalam stasiun Bugis yang terletak dalam bawah Bugis Junction Mall (jalur hijau)

Bugis street adalah keliru satu tujuan utama tempat belanja souvenir murah dalam Singapura. Tempat ini juga terkenal sebagai daerah favourit orang Indonesia buat berbelanja alasannya harganya yang terjangkau. Walaupun datang dalam pagi hari, nampak hiruk pikuk pengunjung yang tak segan berdesak- friksi berbelanja dalam Bugis. Banyak juga dijajajakan baju dan tas yang fashionable dalam sana.

Pad Thai dalam Bangkok Jam, Bugis Junction

Puas berkeliling Bugis Street, aku pun memutuskan buat ke Bugis Junction yang masih berada dalam satu area. Singgah dalam sini, aku menghampiri restoran bernama Bangkok Jam. Memang agak nyeleneh restoran yang aku pilih kala itu, tetapi aku jatuh cinta dengan cita rasa yang ditawarkan sang Bangkok Jam ini. Menu yang aku pesan diantaranya Pad Thai, Nasi Goreng, dan Thai Green Tea Milk yang ke semuanya mampu memuaskan alat pengecap aku.

Destinasi berlibur ke negara atau kota tertentu sangatlah vital bagi aku alasannya selain mampu menyegarkan pikiran, aku juga mampu belajar, mengadopsi hal-hal yang baik dari negara atau kota tadi. Menurut aku, Singapura adalah punya lingkungan hidup yang asri merefleksikan masyarakatnya yang cinta akan alam dan lingkungan sekitar. Ditambah transportasi umum yang memadai, mendukung aktivitas dan efisiensi waktu.

Notes:

EZ-Link

Harga kartu EZ-Link adalah SGD $ 12 (yang berisi saldo SGD $ 7). Sisa saldo yang terdapat dalam kartu EZ-Link mampu dalam-refundseluruhnya dengan catatan kartu Anda juga akan dikembalikan ke petugas. Pilihan lain adalah disimpan buat kedatangan berikutnya. Masa berlaku kartu EZ-Link adalah lima tahun.

Bahasa

Di Singapura, terdapat tiga bahasa yang berlaku, yakni Inggris, Mandarin, dan Melayu sebagai akibatnya memungkinkan kita, orang Indonesia mampu berinteraksi aporisma dengan warga sekitar.

Transportasi Online

Untuk yang berwisata lebih dari 4 orang, Anda mampu memesan online taksi dari pelaksanaan Uber atau Grab Car. Aika Anda hanya sendiri atau berdua dengan sahabat, akan lebih murah menggunakan moda transportasi umum alasannya tarif Uber dan Grab Car sangat mahal dalam Singapura. Ambil model, dari stasiun MRT Aljunied ke Geylang Road membutuhkan waktu 7 menit apabila berjalan kaki, tetapi apabila ditempuh dengan Uber, biayanya mampu mencapai SGD $  lima.

Air Mineral

Air mineral dalam Singapura sangat mahal. Harganya mampu bekisar antara SGD $  1.80 (dalam minimarket) hingga SGD $  tiga.50 (dalam restoran). Pesan aku, jangan lupa buat membawa botol air minum kosong buat diisi dengan tap water yang tersedia dalam tempat-tempat umum.

Internet

Saran aku jangan membeli sim card dalam bandara alasannya harganya sangat mahal. Ada baiknya Anda membeli kartu sim dalam Seven Eleven (711). Beberapa provider yang terkenal dalam Singapura, diantaranya Singtel, M1, dan Star Hub. Saya membeli Singtel seharga USD $ 15 dengan pilihan paket lima hari. Anda juga mampu meminta penjaga 711 buat membantu mengatifkan kartu tadi.

Cara lain supaya mampu berselancar internet dalam Singapura adalah dengan menghubungi customer service provider dalam Indonesia buat mengaktifkan fitur layanan internasional. Biasanya buat akses ini dikenakan porto kurang lebih Rp. 150.000 buat pengaktifan data (tergantung kebijakan provider masing-masing).

Link : basilicha.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top