Minggu, 11 Februari 2018

Tentang Sistem Jaminan Kesehatan dalam Kanada & Refleksi buat BPJS

Tentang Sistem Jaminan Kesehatan pada Kanada & Refleksi buat BPJS

Kanada, negara berpenduduk 36 juta ini terdiri berasal sepuluh provinsi & 3 daerah (terirori). Sejak tahun 1961, pelayanan kesehatan pada Kanada terealisasi dengan sistem Medicare, yaitu agunan kesehatan yg dikelola sang masing-masing propinsi & daerah.

Siapa saja yg bisa mendapatkan Medicare?
Setiap warga negara (citizen) Kanada berhak mendapatkan Medicare. Penduduk yg mempunyai ijin tinggal permanent (permanent resident) ataupun yg mempunyai ijin kerja (work permit holder) wajib mengajukan permohonan buat mendapatkan Medicare pada propinsi atau daerah loka tinggalnya. Waktu tunggu buat mendapatkan kartu Medicare tidak melebihi 3 bulan.

Selama ketika tunggu ini, kita dianjurkan mempunyai asuransi kesehatan swasta (private health insurance) buat mengantisipasi kebutuhan pelayanan kesehatan darurat. Setelah mendapatkan kartu Medicare, kartu wajib dibawa setiap kali mengunjungi dokter atau pemberi pelayanan kesehatan lainnya. Kartu Medicare ini berisi nomor identifikasi yg dipakai buat mengakses isu medis pemiliknya.

Pelayanan apa saja yg dicakup Medicare?

Dengan Medicare, setiap warga yg memenuhi kondisi berhak mendapatkan pelayanan yg sifatnya preventif & kuratif berasal dokter pelayanan primer (dokter generik atau general practitioner) juga dokter seorang ahli. Prosedur diagnostik, bedah, radiologi, anestesi, & terapi psikiatris umumnya tercakup Medicare. Pelayanan preventif pada antaranya vaksinasi wajib anak-anak & remaja, vaksinasi flu, skrining kanker (pap smear, mamografi, dll).

Pelayanan bisa diberikan pada klinik swasta, sentra pelayanan kesehatan warga (local community servicecentres),sentra perawatan jangka panjang (longterm care centres),sentra rehabilitasi (rehabilitation centres),dan pada tempat tinggal pasien (home care), walaupun pada umumnya yg ditanggung sang Medicare ialah yg diberikan pada tempat tinggal sakit. Cakupan pelayanan kesehatan yg diberikan sifatnya universal, artinya seluruh yg memenuhi kondisi buat mendapatkan Medicare berhak mendapatkan pelayanan yg sama, terlepas berasal riwayat kesehatan ataupun taraf pendapatan individual.

PerlunyaAsuransi Kesehatan Swasta

Saya katakan BPJS lebih sakti dibandingkan Medicare lantaran ada poly layanan kesehatan yg tidak tercakup Medicare, pada antaranya obat-obatan, perawatan gigi, inspeksi optik, kacamata berkualitas di optik tunggal lensa korektif, & layanan kosmetik. Ya, Kanada ialah satu-satunya negara yg tidak mencakup porto obat-obatan dalam agunan kesehatannya. Inilah alasan utama perlunya membeli asuransi kesehatan swasta, yaitu buat melengkapi cakupan kesehatan medicare. Asuransi kesehatan swasta umumnya menanggung 80% porto yg dimuntahkan. Bagi pekerja, umumnya asuransi kesehatan swasta adalah bagian berasal bonus yg diberikan sang perusahaan.

Pemberi (Provider) Pelayanan Kesehatan

Berdasarkan statistik bulan januari 2016, ketika ini terdapat lebih kurang 80 ribu dokter pada Kanada; 52% ialah dokter generik & 48% dokter seorang ahli. Dengan demikian, terdapat satu dokter generik & satu dokter seorang ahli per 1.000 penduduk (rasio 1:1.000). Dokter generik menjadi lini terdepan pelayanan kesehatan pada Kanada. Mereka menunjukkan pelayanan medis kuratif & preventif. Seorang pasien bisa mendapatkan layanan seorang ahli dengan rujukan berasal dokter generik bila dibutuhkan. Rumah sakit menangani persoalan-persoalan rujukan berasal dokter, dan menunjukkan layanan darurat (emergency).

Setiap orang yg mempunyai Medicare dianjurkan buat mendaftarkan diri buat mendapatkan dokter famili (family doctor)supaya mendapatkan pelayanan kesehatan yg komprehensif. Tetapi pada kenyataannya ketika tunggu buat mendapatkan seorang dokter famili bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Memiliki dokter famili pun tidak mengklaim kita bisa mendapatkan pelayan kesehatan yg cepat ketika dibutuhkan (same-dayor next-day service). Oleh lantaran itu, menjadi cara lain kita bisa mendatangi dokter generik pada klinik tanpa perjanjian (walk-in clinic physician)yg bisa ditemui setiap ketika.

Berdasarkan UU Kesehatan Kanada, seluruh tindakan diagnostik, terapeutik & preventif diharuskan dilakukan pada tempat tinggal sakit atau sang dokter. Pada kenyataannya, poly klinik swasta yg memperlihatkan layanan diagnostik & rehabilitatif (occupational and physical therapy centres). Keunggulan klinik swasta ialah mereka biasanya memperlihatkan layanan dengan ketika tunggu yg jauh lebih singkat dibandingkan dengan sistem pelayanan kesehatan generik. Misalnya, ketika tunggu scan MRI pada tempat tinggal sakit bisa beberapa bulan, akan tetapi bisa diperoleh lebih cepat pada klinik swasta.

Pembiayaan Medicare

Dana Medicare bersumber berasal pajak perorangan & perusahaan yg dikelola sang masing-masing propinsi & daerah. Berdasarkan UU Kesehatan Kanada, pemegang kartu gak perlu membayar asuransi atau porto tambahan buat layanan yg dicakup sang Medicare. Akan akan tetapi beberapa propinsi (Alberta, British Columbia & Ontario) menerapkan sistem asuransi menjadi sumber tambahan dana kesehatan mereka. Di Ontario mirip, penduduk yg penghasilannya  lebih berasal $20,000 per tahun akan dikenakan pajak buat Ontario Health Premium & Medicare.

Pada 2016, total pengeluaran pada bidang kesehatan pada Kanada diperkirakan akan mencapai 228 miliar dolar, atau lebih kurang 60 juta rupiah per orang. Dengan demikian, pengeluaran pada bidang kesehatan mencakup 11% berasal pendapatan domestik bruto (gross domestic product) Kanada.

Dokter generik juga seorang ahli tidak mendapatkan gaji, akan tetapi dibayar sinkron jumlah pasien yg ditangani. Rumah sakit sebagian besar bersifat non-profit. Institusi pelayanan kesehatan akan mendapatkan dana berasal provinsi sinkron jumlah layanan yg diberikan.

Layanan Konsultasi Kesehatan via Telepon

Karena rendahnya rasio dokter perpenduduk, sangat masuk akal seorang pasien wajib menunggu hingga lima-6 jam pada unit gawat darurat tempat tinggal sakit sebelum mendapatkan pelayanan yg dibutuhkan. Demikian juga ketika tunggu buat berkonsultasi dengan dokter seorang ahli bisa berbulan-bulan lamanya.

Untuk menyaring persoalan-persoalan non-gawat darurat supaya tidak terjadi penumpukan pasien pada klinik ataupun unit gawat darurat tempat tinggal sakit, masing-masing propinsi mempunyai sistem layanan konsultasi kesehatan via telepon (health information line). Di provinsi Quebec mirip, kita bisa menghubungi nomor 811 buat berkonsultasi perihal kondisi kesehatan dengan registered nurse (RN pada seluruh propinsi kecuali Quebec, RN ialah lulusan pendidikan perawat jenjang S1).

Berdasarkan isu yg kita berikan, RN akan tetapkan apakah kita perlu ke klinik, ke unit gawat darurat pada tempat tinggal sakit, atau cukup dengan perawatan pada tempat tinggal. Misalnya, buat persoalan demam, seorang bayi berusia kurang berasal 2 bulan akan diinstruksikan buat segera ke unit gawat darurat pada tempat tinggal sakit, sedangkan anak yg berusia satu tahun cukup menemui dokter pada klinik. Anak yg berusia lebih besar biasanya dianjurkan buat beristirahat pada tempat tinggal dengan meminum over the counter drug sembari mengobservasi kondisi demam. Jika demam berlanjut setelah 3 hari barulah dianjurkan menemui dokter pada klinik.

Sumber:

Canadian Health Care. (https://www.canadian-healthcare.org/)

Canadian Physician Statistics. (https://www.cma.ca/En/Pages/canadian-physician-statistics.aspx)

Canadian Institute for Health Information. Spending. (https://www.cihi.ca/en/spending-and-health-workforce/spending)

Rgie de l'assurance maladie du Qubec. Medical Services. (https://www.ramq.gouv.qc.ca/en/citizens/health-insurance/healthcare/Pages/medical-services.aspx)

Wikipedia. Medicare. (https://en.wikipedia.org/wiki/Medicare_(Canada))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top