Minggu, 11 Februari 2018

Soft Lens Tak Cukup Hanya Direndam

Soft Lens Tak Cukup Hanya Direndam

Kompas.com -  Berbeda bareng kacamata berkualitas di optik tunggal, lensa korelasi tidak simpel bergeser, berembun atau berdebu sebagai akibatnya lebih nyaman & tak menganggu penampilan. Kendati demikian lensa korelasi memerlukan perawatan yang akurat untuk menjaganya permanen higienis & bebas bakteri.

Khusus untuk soft lens, disarankan untuk membersihkan & menggosoknya bareng larutan pembersih sebelum merendamnya semalaman. Cara ini dipercaya paling baik untuk membunuh sebagian akbar bakteri & mencegah infeksi mata. Seperti diketahui beberapa jenis bakteri mampu menembuh soft lens.

"Walaupun beberapa larutan pembersih menjelaskan gak perlu digosok lagi, tetapi menggosok & membilas sebelum merendamnya adalah cara paling efektif kepada berbagai tipe lensa korelasi," kata Hua Zhu, menurut Brien Holden Vision Institute, Australia.

Dalam penelitiannya, beliau meneliti beberapa jenis larutan pembersih lensa korelasi, termasuk produk yang menjamin gak perlu digosok (no rub), untuk menghilangkan kultur bakteri atau fungi yang berasal menurut lensa korelasi komersil, baik itu yang bertipe silikon atau lensa hidrogel.

Para peneliti menemukan larutan pembersih akan lebih efektif jikalau kita memakai teknik "menggosok & membilas" sebelum merendam lensa korelasi. Sebaliknya, hanya "merendam" saja akan menyisakan bakteri di lensa korelasi.

Sementara itu teknik "membilas saja" akan menaikkan kebersihan jikalau larutan pembersih yang dipakai mengandung pengawet polyguad. Akan tetapi teknik membilas saja kurang efektif membersihkan satu atau 2 bakteri menurut lensa silikon hydrogel.

"Melewatkan proses menggosok soft lens akan menyisakan banyak bakteri. Jika mikroorganisme itu menempel di permukaan lensa korelasi beliau akan menjadi lebih kebal terhadap disinfektan," kata Hua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top