Minggu, 11 Februari 2018

Trip ke Pasar Baru Bandung

Trip ke Pasar Baru Bandung

[caption id="attachment_299576" align="aligncenter" width="427" caption="Sumber gambar : www.agoda.com (Pasar Baru Trade Center Bandung)"][/caption] [caption id="attachment_304838" align="aligncenter" width="427" caption="Sumber gambar : https://www.afinarentcar.com"]

[/caption]

Paris Van Java itulah julukan kota Bandung yang terletak kepada bagian barat tanah Jawa, kota yang dilingkupi pegunungan Parahiyangan ini dikenal juga memakai julukan Kota Kembang, selain terkenal memakai aneka masakan juga terkenal memakai beragam produk busana, hal ini sebab Bandung dikenal juga sebagai daerah produsen tekstil terbesar kepada Indonesia. Pabrik-pabrik tekstil besar banyak terdapat kepada kota Bandung ini selain kota Majalaya. Lebih 60% produk tekstil kepada Indonesia berasal menurut daerah Jawa Barat memakai ibukota Bandung.

-----

Bicara soal busana kepada Bandung ini terdapat sebuah pusat perbelanjaan yang punya  sejarah panjang, yaitu "Pasar Baru Trade Center", yang adalah tempat belanja grosir dan eceran yang terbesar dan terlengkap kepada kota Bandung. Terdiri menurut dua bagian gedung, yaitu gedung parkir dan gedung pertokoan yang saling bekerjasama, terdiri menurut 12 lantai termasuk dua lantai dasar dan dua bassement.

-----

Sejarah Pasar Baru Trade Center :

Pasar Baru, yang adalah pasar tradisional terbesar kepada Kota Bandung terletak kepada Pasar Baroeweg. Pasar ini dibangun sebagai pengganti pasar kepada daerah pecinan (dibangun tahun 1884). Pasar Baru adalah tempat menampung para pedagang menurut pasar Tjigoeriang kepada belakang Kepatihan (yang dibangun tahun 1812). Para pedagang menurut Tjigoeriang itu terpaksa berkeliaran selesainya pasar mereka terbakar dalam huru-hara Munada kepada lepas 30 Desember 1842.
Pasar Baru dibangun kepada tahun 1906 dan sudah dalam bentuk bangunan pasar yang permanen berupa jajaran toko-toko kepada bagian depan dan los-los pasar kepada bagian belakangnya. Pada tahun 1930-an toko-toko sudah berjejer kepada lebih kurang Pasar Baru memakai bangunan permanen yang besar bahkan bertingkat. Pasar Baru memperoleh predikat pasar terbersih dan tertata apik kepada Pulau Jawa kepada tahun 1935. Pasar ini dibangun sebagai pasar berbentuk mutakhir tanpa menghilangkan kesan tradisionalnya kepada tahun 1970.
Pada tahun 2001, Pasar Baru mulai dibangun ulang sebagai pusat pertokoan bertingkat yang serba terdapat. Konsepnya ialah pasar mutakhir yang menjual banyak sekali barang dan nir terbatas kepada kebutuhan bahan pangan. Konsep pengaturan tempat berdagang yang dikatakan mutakhir ini sudah menghilangkan suasana dan nuansa sebagai pasar tradisional. Pasar Baru berkonsep mutakhir diresmikan kepada lepas 21 Agustus 2003 oleh Walikota Bandung dan diberi nama resmi : Pasar Baru Trade Center.

-----

Pasar Baru Trade Center bukan hanya terkenal sebab sejarahnya itu saja akan akan tetapi ketika ini Pasar Baru Trade Center sudah sebagai tujuan wisata belanja dan surga belanja bagi para pelancong menurut daerah lain kepada Indonesia yang berkunjung ke kota ini termasuk juga pelancong menurut negeri jiran : Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Selain itu Pasar Baru Trade Center sudah sebagai barometer tempat belanja kepada Bandung , sebab lokasinya yang strategis yaitu kepada pusat kota, tepatnya kepada jalan Otto Iskandar Dinata Nomor 70 Bandung (40181). Gedung Pasar Baru Trade Center ini memang besar dan luas sebagai akibatnya nir akan cukup waktu sehari bagi anda untuk mengelilingi pasar ini menurut lantai ke lantai. Setiap lantai dibagi lagi dalam beberapa blok (blok A1, A2 hingga D1, D2) untuk memudahkan pengunjung menghapal letak lokasi toko langganannya.

-----

Dengan bangunan bertingkat yang megah yang dilengkapi fasilitas mutakhir layaknya sebagai sebuah pusat perbelanjaan seperti AC Central, Escalator, Lift, Pasar Baru Trade Center hadir untuk memanjakan anda yang ingin berwisata belanja, selain fasilitasnya, komoditi pakaian yang tersaji juga sangat lengkap dan murah, mulai menurut busana muslim, busana casual, busana pesta, busana kerja, jeans, kaos, sepatu, tas / dompet, kain dasar / tekstil, kain brokat, perlengkapan kosmetik, acsesories (kalung, bros, giwang dll.), perhiasaan emas / perak, batu permata / akik, batik, pakaian anak-anak, pakaian dalam / kutang, perlengkapan bayi, perlengkapan dan oleh-oleh haji , seragam sekolah, sprey , bed cover, jam tangan, kacamata berkualitas di optik tunggal gaya, kacamata berkualitas di optik tunggal optik, handphone, obat-obatan / obat herbal, dan masih banyak lagi macam dan jenis produk lainnya.

-----

Sistim penjualan barang yang diperdagangkan disini dilakukan secara grosir bagi para pedagang penyalur, agent, distributor dan reseller, umumnya dilakukan oleh para pedagang grosir yang berlokasi kepada Lantai Bassement 1 (B1), Lantai Dasar 1 (D1) dan Lantai Dasar dua (D2), dan untuk penjualan secara eceran bagi konsumen umum terdapat kepada semua lantai mulai menurut Lantai 1 hingga memakai Lantai 6.  Untuk penjualan eceran umumnya dilakukan memakai cara tawar menawar, anda harus pintar-pintar menawar harga barang yang diajukan para pedagang disini, atau anda dapat mencoba berkeliling lebih dulu mencari pedagang yang menjual barang yang sama memakai pilihan anda tersebut yang mungkin dapat dijual memakai harga yang lebih murah, sebagai perbandingan.

-----

Khusus Busana Muslim memakai penjualan secara grosir ataupun eceran lokasinya menyebar kepada Lantai 1, dua, 3, 4 dan 5. Khusus untuk penjualan grosir saja (tanpa eceran) terdapat kepada lantai bassement B1, Lantai Dasar D1 atau D2. Selain kebutuhan pakaian, ditempat ini juga tersedia oleh-oleh atau buah tangan berupa makanan khas tradisional menurut daerah Jawa barat seperti dodol, wajik, rangginang, tempe garing, oncom garing, peuyeum , pisang sale dan lain-lain.

-----

Sebagai wahana pendukung , juga disediakan area bersantap makan bagi anda bareng keluarga anda, lokasi terletak kepada lantai 6 memakai nama Bandung Food Center, beragam pilihan makanan mulai menurut tradisional, Chinese food, Eropa dan India dan beragam minuman segar sanggup membangkitkan selera makan anda selesainya puas berbelanja. Di Lantai 6 juga tersedia arena bermain anak-anak berupa macam-macam mainan elektronik memakai memakai coin sembari menunggu anda berbelanja maka anak-anak dapat dimanjakan juga memakai ber-bagai macam permainan disini.

-----

Fasilitas pendukung lain, tersedia juga fasilitas ATM Center yang berlokasi kepada Lantai 4. Money Changer terdapat kepada lantai 3, Jasa Kiriman barang / Paket terdapat kepada lantai 3 dan dua.A disamping area parkir, juga Pelayanan Kantor Pos terdapat kepada Lantai 5. Juga terdapat beberapa bank yang membuka tempat kerja disini seperti Bank BJB, Bank Nagari, Bank Of India (Swadeshi), Bank Danamon, Bank Mandiri. Mesjid yang cukup besar untuk menunaikan ibadah shalat bagi para pengunjung dan para pedagang kepada pasar ini tersedia kepada lantai paling atas yakni kepada lantai 8. Sarana parkir kendaraan yang luas tersedia dibagian belakang dan menyambung memakai pintu masuk menurut bagian samping gedung pusat perdagangan ini, mulai menurut Lantai dua hingga memakai Lantai 8 tersedia wahana parkir. Toilet umum tersedia merata disemua lantai. Petugas Cleaning Service juga tersedia dalam jumlah yang cukup banyak dan mereka selalu standby setiap ketika siap untuk membersihkan semua lantai yang terlihat kotor.

-----

Untuk anda yang merasa haus dan  sedikitlapar, nir  perlu  risi  sebab  harus pulang ke Lantai6  untuk  mendapatkannya,  tersedia  minuman  dan  makanan  ringan yang setiap ketika dijajakan secara berkeliling oleh para pedagang asongan terdaftar dan  berseragam resmi menurut manajemen Pasar Baru Trade Center ini. Bagi anda yang  mencari  kebutuhan  sembako mulai menurut sayur-sayuran, bumbu dapur,  beras,  daging,  ikan segar,  ikan asin,  telur, kue basah dan buah-buahan dan lain-lainnya, dapat langsung mengunjungi  Pasar Tradisional yang terletak kepada lantai bassement B1 dan B2, terdapat kepada bagian paling bawah Pasar Baru Trade Center Bandung ini.

-----

Sumber :

https://www.pasarbarutradecenter.co.id, dan

https://www.dzafacollection.com/?Pasarbarupersen26nbsppersen3BTrip

----- Bandung, 05 Nopember 2013 ----- +++  T A R I  +++

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top